Filelayer
The Business Process Management Journal
Tanaman Buah Dalam Pot

10 Tanaman Buah Dalam Pot Cepat Panen

Meski luas di rumah minim, Anda tetap bisa menanam 10 jenis tanaman buah dalam pot ini! Tanaman berikut juga bisa ditanam di dalam ruangan dan akan cepat berbuah. Memiliki tanaman buah di rumah pasti menjadi dambaan setiap pecinta buah.

Menurut situs Pohaci yang bergerak dalam bidang pertanian, Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk menimbun persediaan buah-buahan, Anda cukup memetik buah yang dipanen di depan rumah. Namun bagaimana jika halaman rumah Anda tidak cukup luas menampung tanaman buah yang akan tumbuh?

Jangan risau, masih ada 10 jenis tanaman buah dalam pot yang bisa ditanam di rumah dengan halaman terbatas.

Tanaman Buah dalam Pot Cepat Panen

Anda bahkan bisa menanam berbagai tanaman buah-buahan di rumah dalam pot ini. Penasaran apa saja jenis tanaman buah-buahan itu? Berikut adalah daftarnya!

1. Strober

Selain rasanya yang banyak orang sukai, stroberi merupakan buah yang mudah tumbuh dan cepat dipanen. Diameter minimal 15 cm dianjurkan untuk pot yang digunakan. Untuk tanaman strawberry, pastikan tanaman berada di lokasi yang mudah terkena sinar matahari. Karena strawberry bisa tumbuh dengan baik jika berada di bawah sinar matahari selama 6-8 jam.

2. Jeruk

Hampir semua jenis jeruk, baik itu jeruk nipis, jeruk nipis atau buah jeruk lainnya, dapat tumbuh dalam pot tanpa masalah. Perawatannya juga mudah, kuncinya pot yang digunakan harus memiliki lubang drainase yang baik. Pemeliharaan dengan penyiraman dan pemupukan yang teratur sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman jeruk.

3. Jambu Biji

Pohon jambu biasanya tumbuh tinggi dan bisa mencapai 6 meter. Dengan perawatan dan pemangkasan yang teratur, jambu biji juga bisa ditanam di dalam pot. Jambu biji juga termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan cepat beradaptasi.

4. Tomat

Banyak yang mengira tomat termasuk dalam kategori sayuran. Padahal, tomat adalah tanaman buah. Persentase keberhasilan tanaman buah dalam satu pot itu cukup besar karena proses penanamannya cukup mudah. Cukup dengan menaburkan biji tomat di dalam pot dan hanya membutuhkan waktu tiga bulan untuk berkecambah.

5. Semangka

Siapa sangka semangka dengan buah yang besar juga bisa ditanam di pot kecil. Untuk hasil terbaik, letakkan pot di tempat yang cerah. Jika Anda berencana menanamnya di dalam ruangan, letakkan di teras dan letakkan di teralis vertikal.

6. Blueberry

Sama halnya dengan tanaman jambu biji, tanaman buah dalam pot dengan blueberry juga harus melalui proses pemangkasan yang teratur agar lebih pendek di dalam pot. Blueberry bisa ditanam dalam pot berukuran 50 cm dengan kedalaman pot 45 cm, dan ini adalah ukuran yang paling ideal.

7. Cabai

Karena harga cabai semakin mahal, lebih murah jika Anda memilihnya sendiri di beranda. Cabai dapat tumbuh dengan baik di dalam pot tanpa memakan banyak tempat. Anda bisa membeli bibit cabai berkualitas tinggi, menabur benih, memasukkannya ke dalam pot saat benih mulai bertunas, memupuk dan memanen.

8. Buah Tin

Buah ara atau nama lain buah tin sangat cocok ditanam di daerah beriklim hangat. Buah tin juga bisa ditanam di lahan sempit seperti pot. Untuk hasil terbaik, pindahkan pot di lokasi yang banyak terkena sinar matahari.

9. Kiwi

Buah kiwi yang dijual di pasaran memang dikenal mahal. Bagaimana jika Anda menanamnya sendiri di rumah? Karena ternyata kiwi juga bisa tumbuh dengan baik di dalam pot. Ada varietas kiwi yang bisa lebih pendek, ukuran buahnya lebih kecil dan lebih manis.

10. Anggur

Anggur juga bisa ditanam dalam pot. Namun, pastikan pot yang Anda gunakan cukup besar, kokoh, dan mampu menopang sulur yang kuat. Semua varietas anggur dapat ditanam dalam pot. Namun, agar tidak tumbuh terlalu tinggi, sebaiknya pilih varietas anggur yang kecil.

Dengan tanaman buah dalam pot, Anda tidak perlu pergi ke pasar untuk membeli buah favorit Anda!

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi Yang Membandel, Termudah!