Cara Mengoptimalkan Akun Instagram Bisnis Untuk Pemula

Bagaimana cara mengoptimalkan akun Instagram bisnis? Kita tahu bahwa Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang banyak digunakan. Setiap hari jutaan orang membuka aplikasi ini untuk berbagai macam keperluan.

Ada yang hanya sekadar upload foto atau video, melakukan live streaming, mencari berbagai informasi, dan lain sebagainya. Aplikasi yang diperkenalkan pada Oktober 2010 ini memang awalnya hanya untuk mengupload gambar atau video.

Instagra juga semakin melengkapi dirinya dengan berbagai macam fitur untuk membuat para penggunanya semakin jatuh cinta dengan aplikasi ini. Anda sekarang bisa membuat story dan memanfatkan berbagai filter untuk mempercantik postingan foto Anda.

Aplikasi ini sekarang juga sudah menjadi media untuk mempromosikan barang dan jasa. Terdapat inovasi terbaru dari Instagram yaitu mereka memperkenalkan Instagram bisnis  pada tahun 2016. Sesuai dengan namanya, Instagram bisnis memberikan kemudahan bagi para pengguna yang ingin berbisnis.

Di bawah ini kami akan mengajak Anda untuk lebih memahami dan bagaimana cara mengoptimalkan akun Instagram bisnis Anda. Dengan begitu, bisnis Anda bisa semakin berkembang dan Anda akan memperoleh banyak keuntungan.

Pengertian Instagram Bisnis

akun Instagram bisnis

Instagram bisnis merupakan sebuah akun yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis online. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menyiapkan nomor kontak yang dapat dihubungi serta halaman Facebook atau Facebook Page. Dua hal ini merupakan salah satu faktor penting untuk menjalankan akun Instagram bisnis.

Akun Instagram bisnis diperkenalkan pada 2016 dan langsung mendapat sambutan baik bagi pengguna Instagram. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis atau ingin memperkenalkan produk dan jasa di Instagram, sebaiknya Anda membuat akun Instagram bisnis terlebih dahulu.

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis dengan Mudah

Sebenarnya untuk membuat akun Instagram bisnis ini tidak jauh berbeda dengan ketika Anda membuat akun untuk Instagram personal pada umumnya. Bahkan jika Anda sudah memiliki akun Instagram maka Anda tinggal mengubahknya ke akun bisnis.

Langkah-langkah untuk membuat akun Instagram bisnis akan kami jelaskan di bawah ini.

  • Langkah pertama, silakan login ke Instagram menggunakan akun yang sebelumnya sudah Anda miliki
  • Langkah kedua, ketika sudah masuk ke tampilan Instagram, maka silakan Anda klik ikon tiga baris sehingga nanti Anda masuk ke menu Settings atau Pengaturan
  • Kemudian, Anda harus mengklik Switch to Professional Account
  • Langkah selanjutnya, Anda perlu menentukan jenis dari profil yang akan Anda gunakan. Dikarenakan Anda ingin membuat akun bisnis, maka silakan memilih profil Business
  • Anda harus menentukan kategori bisnis sesuai yang kebutuhan. Tinggal mencari di keyword category yang ada di kolom pencarian. Ketika sudah selesai, klik Next
  • Sekarang Anda harus mengisi lokasi bisnis dan juga nomor yang bisa dihubungi. Anda tinggal mengisi sesuai instruksi yang tertera. Jika sudah, klik Next
  • Hubungkan akun Anda ke Facebook Page. Namun langkah ini bersifat opsional sehingga Anda boleh melewatinya jika Anda merasa tidak perlu melakukan step tersebut
  • Langkah terakhir adalah silakan Anda melengkapi informasi pada profil sesuai instruksi yang ada. Anda harus memastikan bahwa username, foto, nama, dan alamat website (jika punya) sudah Anda isi. Selanjtunya, klik Selesai

Mengapa Harus Menggunakan Instagram untuk Bisnis?

akun Instagram bisnis

Lalu mengapa Anda perlu menggunakan Instagram untuk menjalankan bisnis? Bukankah ada aplikasi media sosial lainnya? Salah satu alasan mengapa Instagram merupakan salah satu tempat terbaik untuk berbisnis adalah karena jumlah penggunanya.

Jumlah pengguna Instagram sudah mencapai puluhan atau mungkin ratusan juta. Para pengguna tersebut tersebar di seluruh penjuru dunia. Jadi, ketika Anda mempromosikan bisnis Anda, yang melihat bukan hanya orang Indonesia melainkan juga orang luar negeri.

Hal ini berpotensi meningkatkan penjualan Anda karena akan banyak orang yang mengenal bisnis Anda dan tertarik untuk membeli produk atau memanfaatkan jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, berdasarkan riset bahwa 60% orang menemukan produk baru melalui Instagram.

Hal ini semakin menegaskan bahwa Instagram memang efektif untuk berbisnis. Apa yang Anda tawarkan tidak membutuhkan waktu lama untuk dilihat banyak orang. Bukan itu saja, berbisnis di Instagram tidak dipungut biaya alias gratis.

Anda bebas menjual berbagai produk tanpa dipungut biaya. Bahkan Anda yang akan mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, tidak ada alasan lain yang membuat Anda tidak menggunakan Instagram untuk berbisnis.

Manfaat Menggunakan Instagram Bisnis

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan akun Instagram bisnis. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini jawabannya.

1. Instagram Insights

Salah satu fitur sekaligus keunggulan dari memiliki akun Instagram bisnis adalah Insights. Insights adalah tools analytics yang nanti akan menunjukkan data dari seluruh aktivitas yang terjadi di halaman akun Anda.

Di sini Anda akan ditunjukkan seperti apa performa dari akun bisnis Anda secara jelas. Anda bisa melihat jumlah followers, skala impresi, bahkan Anda juga bisa melihat kapan waktu favorit para pengunjung akun Anda tersebut. Tentus aja Anda tidak akan bisa mendapatkan semua kelebihan ini ketika masih menggunakan Instagram personal.

Ketika menggunakan Instagram personal, Anda hanya bisa melihat siapa saja yang memberi komentar atau menyukai status Anda. Maka dari itu, manfaatkan Instagram bisnis untuk mendapatkan semua kelebihan tersebut.

2. Instagram Ads

Instagram Ads juga merupakan fitur andalan dari Instagram bisnis. Dengan bantuan fitur ini, Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menjangkau konsumen Anda. Anda dapat menargetkan konsumen secara lebih spesifik seperti berdasarkan demografi, usia, ketertarikan, perilaku, dan lain sebagainya.

Iklan Anda pun juga bisa muncul secara otomatis di beberapa bagian pada saat audiens menscroll timeline. Selain itu, Anda juga bisa memunculkan iklan di sela-sela story mereka.

3. Menyediakan Tombol Email dan Kontak

Ketika Anda menggunakan akun Instagram bisnis, Anda akan menemukan adanya tombol tambahan. Tombol tersebut adalah email dan kontak. Tentunya hal ini akan semakin memudahkan para pengunjung untuk menghubungi Anda ketika mereka ingin berkomunikasi dan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Memang sekilas kedua tombol ini terlihat sepele. Namun memiliki manfaat yang besar karena bisnis Anda akan semakin banyak dikenal. Bahkan kedua tombol ini juga bisa menjadi salah satu sarana meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda jual.

4. Informasi Seputar Kategori Bisnis

Jika Anda perhatikan, akun Instagram bisnis Anda memiliki informasi yang berkaitan dengan kategori bisnis. Informasi ini secara otomatis muncul ketika Anda selesai membuat akun bisnis. Dengan begitu, pengunjung bisa mengetahui bisnis apa yang sedang Anda jalankan.

Cara Mengoptimalkan Akun Instagram Bisnis

akun Instagram bisnis

Anda telah memahami pengertian dan alasan kenapa Anda harus menggunakan Instagram bisnis. Informasi selanjutnya adalah bagaimana langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mengoptimalkan akun Instagram bisnis.

1. Membuat Akun Instagram Bisnis

Untuk cara pertama ini sudah kami jelaskan pada poin sebelumnya. Jika Anda masih menggunakan Instagram personal, maka segeralah mengubahnya ke Instagram bisnis. Langkah-langkahnya pun juga sudah kami jelaskan di atas.

Dengan menggunakan Instagram bisnis, maka Anda bisa memanfaatkan banyak fitur yang tidak bisa Anda dapatkan di Instagram personal. Jadi, segera alihkan akun Instagram Anda ke akun bisnis.

2. Mengoptimasi Biodata Anda

Jika proses pengalihan akun personal ke akun bisnis sudah Anda lakukan, maka sekarang Anda perlu mengoptimasi biodata atau profil Anda. Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa Anda hanya bisa mengisi Instagram bio tidak lebih dari 150 karakter.

Itu artinya, Anda harus pintar memanfaatkan space yang terbatas tersebut untuk memperkenalkan bisnis Anda. Memang untuk langkah ini cukup tricky. Namun Anda harus bisa memberikan kesan yang menyenangkan kepada pengunjung yang ingin mengetahui Anda maupun bisnis yang Anda jalankan.

Anda dapat mencantumkan informasi seputar deskripsi produk, value, keunggulan, promo, dan lain-lain yang akan mampu menarik minat pengunjung untuk semakin tau lebih dalam tentang produk Anda tersebut. Anda juga bisa mencantumkan branding berupaa hashtag yang Anda letakkan di Bio.

Tujuan pemberian hashtag ini adalah untuk memberikan kemudahan dalam memperoleh user generated content. Selain itu, Anda juga bisa melacak sejauh mana brand atau produk Anda dikenal banyak orang.

3. Menentukan Jadwal Posting

Ada riset yang menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk memposting konten di Instagram yaitu sekitar pukul 9 sampai dengan 11 malam. Meskipun riset tersebut belum 100% dikatakan benar, namun tidak sedikit juga yang mempercayai dan menerapkannya.

Sebenarnya tidak semua konten mempunyai target menggunakan treatment yang sama. Lalu bagaimana cara kita mengetahui kapan waktu terbaik untuk membagikan konten? Jawabannya adalah Anda perlu melakukan uji coba beberapa kali.

Setelah melakukan uji coba, Anda akan memperoleh jawaban mengenai kapan waktu terbaik untuk memposting produk Anda. Dengan begitu, postingan Anda tersebut akan memperoleh hasil yang memuaskan melalui fitur Insights. Setelah Anda mengetahui kapan waktu terbaik, maka silakan membuat jadwal posting.

Anda bisa memanfaatkan tools agar memudahkan di dalam pembuatan jadwal posting. Kemudian biarkan tools tersebut secara otomatis akan mempublish konten Anda. Kami rekomendasikan beberapa tool terbaik yaitu ScheduGram, Hootsuite, ViralTag, Later, dan lain-lain.

4. Menampilkan Konten yang Unik

Cara mengoptimalkan akun Instagram bisnis juga bisa Anda lakukan dengan memposting konten yang unik dan menarik. Memiliki produk berkualitas merupakan hal yang wajib. Akan tetapi, sebenarnya masih ada hal lain yang harus Anda lakukan.

Agar produk Anda tersebut banyak dikenal konsumen, maka Anda harus memiliki strategi yang jitu untuk memperkenalkannya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat konten tentang produk Anda. Tentu saja konten yang Anda buat harus menarik, baik dari segi  gambar maupun caption yang Anda cantumkan.

Selain memposting konten, masih ada beberapa hal lain yang juga bisa Anda lakukan seperti di bawah ini.

  • Merepost foto audiens: terdapat keuntungan tersendiri yang Anda dapatkan ketika memposting foto audiens. Ini menunjukkan bahwa Anda memberikan perhatian kepada mereka. Selain itu, mereka juga dapat mempromosikan balik bisnis Anda
  • Membuat IGTV/video: Instagram memang selalu menghadirkan inovasi yang pastinya menarik. Salah satunya adalah IGTV. Dengan fitur ini, Anda dapat membagikan video Anda dengan durasi yang sangat lama yaitu 1 jam. Anda bisa menampilkan video seputar behind the scene, tutorial, endorsement, dan lain sebagainya
  • Mengumumkan giveaway dan diskon: diskon maupun giveaway merupakan dua hal yang sangat dinantikan audiens. Ada banyak keuntungan yang Anda dapatkan ketika memanfaatkan dua hal ini. Beberapa di antaranya seperti semakin banyak followers, brand awarenessengagement, serta user-generated content. Anda juga bisa membuat hashtag tertentu agar konten Anda viral

5. Memposting Instagram Stories

Cara mengoptimalkan akun Instagram bisnis yang kelima adalah dengan memposting Instagram stories. Fitur ini juga menjadi salah satu fitur andalan Instagram dan banyak pengguna yang senang menggunakannya. Bahkan ada yang sampai rutin memposting di Instagram stories.

Hal ini menjadi alasan mengapa Anda perlu memanfaatkan fitur ini untuk memperkenalkan produk Anda. Anda dapat membagikan konten secara live kepada audiens untuk jangka waktu 24 jam. Lalu apa saja konten yang kira-kira bisa Anda posting di Instagram stories?

Sebenarnya ada banyak pilihan konten yang bisa Anda upload. Anda bisa memposting seputar testimoni, diskon, promosi, tutorial, behind the scene, Q&A, bahkan Anda bisa membuat CTA atau Call to Action. Cara-cara seperti inilah yang terbukti efekti untuk meningkatkan jumlah followers Anda.

Untuk CTA, Anda dapat menambahkan link dalam story Anda menggunakan perintah swipe up. Melalui perintah ini, audiens akan secara otomatis diarahkan menuju halaman yang sudah Anda sisipkan sebelumnya. Fitur ini sangat berguna untuk membantu meningkatkan trafik atau leads dalam waktu singkat.

Berkaitan dengan perintah swipe up, Anda harus tahu bahwa fitur ini memiliki syarat tertentu. Syaratnya adalah Anda harus memiliki jumlah followers minimal 10.000. Jadi, pastikan jumlah follower Anda sesuai angka tersebut baru bisa menggunakan perintah swipe up.

6. Instagram Ads

Instagram Ads juga merupakan fitur menarik dari Instagram yang tidak boleh ANda lewatkan. Fitur ini memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin memperkenalkan produk Anda kepada konsumen secara lebih spesifik. Untuk penggunaannya tidak jauh berbeda dengan yang terdapat pada Facebook Ads.

Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat menargetkan audiens dengan berdasarkan interest, usia, demografi, behavior, gender, dan lain-lain. Lalu bagaimana cara mengunakan Instagram Ads?

Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memanfaatkan dashboard Facebook Ads Manager. Anda juga bisa langsung mengakses di Instagram. Anda juga dapat membuat konten menggunakan beragam format seperti carousel, single imageslideshow, video, maupun stories.

7. Melakukan Analisis

Cara mengpoptimalkan akun Instagram bisnis yang terkahir adalah dengan melakukan analisis terhadap performa akun Anda. Anda perlu melakukan analisis tersebut secara berkala. Tujuannya untuk melihat seperti apa pengaruh yang diperoleh masing-masing konten serta campaign.

Anda dapat melakukan analisa tersebut dengan memanfaatkan fitur Insights. Jika Anda ingin memperoleh hasil yang lebih detail, silakan menggunakan tools seperti Iconosquare, Hootsuite, Bitly, Sprout Social, Keyhole, dan lain sebagainya. Agar hasil yang Anda peroleh konsisten, silakan melakukan A/B testing.

Langkah ini diperlukan untuk menguji strategi mana yang sukses Anda terapkan. Ada beberapa langkah untuk melakukan A/B testing yaitu:

  • Tentukan elemen mana yang akan Anda gunakan, bisa berupa foto, IGTV, video, caption, hashtag, maupun stories
  • Buat variasi konten (minimal 2) dengan berdasarkan konsep yang sudah Anda tentukan
  • Lakukan keduanya lalu pilih yang mempunyai konversi tinggi
  • Buat inovasi dengan berdasarkan hasil konten yang sudah sukses tersebut. Lihat perkembangan yang terjadi
  • Silakan melakukan analisis ulang lalu bagikan hasilnya kepada tim Anda
  • Ulangi tahapan tersebut dari awal

Ketika sudah mencapai titik ini, maka Anda dapat memaksimalkan akun Instagram bisnis menggunakan strategi yang lebih baik. Tentunya hasilnya pun tidak mengecewakan dan akan sesuai dengan ekspektasi Anda.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.