3 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi Yang Membandel, Termudah!

Apa kamu sedang kebingungan mencari cara membersihkan kerak kamar mandi yang membandel? Pasalnya, kamar mandi merupakan ruangan yang sangat mudah kotor. 

Oleh karena itu, kamar mandi harus kamu bersihkan secara rutin untuk menghilangkan kotoran penyebab kerak yang membandel. Faktanya hampir semua ruangan lembab tersebut akan mengalami kerak pada lantainya apalagi yang dari keramik.

Hal ini karena air mengandung kapur dan mineral yang bisa membuat kerak. Penumpukan kerak ini karena air masih bisa mengering tanpa sering kamu bersihkan. 

Untuk mengatasi masalah di lantai dan kamar mandi harus sudah pasti harus kamu bersihkan secara teratur dan juga benar. Namun,bagaimana sih cara yang tepat untuk menghilangkan masalah kerak tersebut?. 

Penyebab Noda di Kamar Mandi

Sebelum mengetahui cara membersihkannya, ada baiknya kamu ketahui dulu apa yang menjadi penyebab dari noda membandel di kamar mandi. 

1. Nat Yang Masih Kotor

Apabila ubun di rumah kamu masih baru, ada kemungkinan bahwa nat tidak cukup dibersihkan dari ubin selama pemasangan sehingga meninggalkan noda pada bagian tersebut. Saat membersihkan ubin untuk menghilangkan sisa nat, kamu perlu membilas sponsnya secara teratur. 

Jika tidak, maka kamu hanya perlu menyebarkan sisa nat pada bata yang masih baru. Hal tersebut bisa tidak terlihat saat ubin basah, tetapi saat ubin mengering, noda tersebut akan terbentuk pada ubin yang baru saja kamu bersihkan.

2. Sisa-sisa Sabun

Menggunakan produk pembersih lantai yang tidak memang tidak diformulasikan khusus untuk lantai bisa meninggalkan buih sabun menumpuk di sela-sela ubin, terutama jika kamu tidak membersihkan lantai dan membersihkannya dengan air bersih setelah menggunakan produk tersebut. 

Penumpukan tersebut bisa muncul dengan tanda bintik putih yang tersebar di area lantai. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah dengan benar agar lantai kembali kinclong.

Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi Yang Membandel

Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari bahas apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kamar mandi menjadi seperti baru. 

1. Pakai Kaporit

Menghilangkan noda pada lantai kamar mandi dan nat bisa kamu lakukan dengan menggunakan kaporit. Caranya adalah dengan membilas lantai kamar mandi terlebih dahulu dengan air panas. 

Kemudian taburkan bubuk kaporit pada kerak. Tunggu sekitar 30 menit, lalu bilas kembali area yang kamu sudah taburi tersebut. Terakhir, gosoklah bagian yang kusam dengan larutan sabun.

2. Baking Soda dan Cuka

Cara kedua untuk menghilangkan kerak di lantai kamar mandi adalah dengan menggunakan cuka dan juga baking soda atau soda kue secara bersamaan. 

Cuka bisa dengan mudah menghilangkan kerak dan soda kue bisa menghilangkan kotoran pada ubin lantai kamar mandi sampai ke sela-selanya. Caranya adalah dengan mengoleskannya pada area yang menjadi masalah tersebut lalu biarkan selama 10 menit. Kemudian gunakan spons untuk menggosok lantai kamar mandi dan bilas dengan air bersih.

3. Asam Sitrat

Nah, cara yang terakhir untuk menghilangkan kerak pada lantai kamar mandi dan bagian lainnya adalah dengan menggunakan asam sitrat. Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah menggosok kerak dengan batu apung atau sabun. 

Kemudian bilas dengan air pada bagian yang berkerak tersebut. Kemudian, oleskan asam sitrat pada area tersebut dan tunggu sekitar satu jam. Setelah waktu sudah pas, gosok dengan sikat sampai bersih.

Namun cara membersihkan kerak kamar mandi yang membandel di atas hanya bisa kamu lakukan memang untuk membersihkan kotoran saja. 

Apabila kamu mengalami masalah lain seperti tersumbatnya saluran air dan WC, kamu bisa menggunakan jasa sedot WC Jakarta Utara yang ahli seperti tim lapangan CV Mitra Sabena. / Dy

Baca Juga: Sifat Geotextile dengan Berbagai Kegunaannya